1.SUM: fungsi yang digunakan untuk
menjumlahkan data numeric
(angka atau bilangan) yang terdapat pada beberapa sel atau range.
Format: =SUM(number1;number2;…). Artinya jumlahkan isi dari sel A1
hingga sel A3.
Contohnya:
Kemudian tekan Enter. Hasilnya 9000
2.SUMIF: fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data
numeric (angka atau bilangan) pada suatu range sesuai dengan criteria yang telah
ditetapkan.
Format: =SUMIF(range;criteria;[sum_range]).
range: kumpulan sel yang akan diuji/dijumlah
criteria: syarat untuk sel yang diuji
sum_range (boleh diisi atau tidak): sel yang akan dijumlahkan
jika sum_range tidak diisi, artinya range yang akan dijumlahkan.
Contohnya: kita ingin menjumlahkan gaji yang lebih dari 1000000, maka rumusnya:=sumif(A5:A8;">1000000")
artinya jumlahkan isi dari sel A5 hingga sel A8 yang berisi nilai >1000000.
3.SUMIFS: fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan seluruh nilai yang memiliki banyak criteria.
Fungsi Rumus NOT di Excel
Rumus NOT berfungsi mengubah nilai TRUE menjadi FALSE dan FALSE menjadi TRUE.
Penulisan Syntaxnya adalah:
=NOT ( Logical )
Contoh:
A B
1 Rumus Keterangan
2 =NOT(TRUE) Hasilnya FALSE (kebalikan dari TRUE)
3 =NOT(FALSE) Hasilnya TRUE (kebalikan dari FALSE)
4 =NOT(1<2) Hasilnya FALSE (kebalikan dari TRUE)
5 =IF(NOT(1<2);"BENAR";"SALAH") Hasilnya SALAH karena 1<2 bernilai TRUE
6 =IF(NOT(1>2);"BENAR";"SALAH") Hasilnya BENAR karena 1>2 bernilai FALSE
Sumber: http://www.rumusexcel.com/2014/09/fungsi-rumus-and-or-dan-not-di-excel.html
Sumber: http://www.rumusexcel.com/2014/09/fungsi-rumus-and-or-dan-not-di-excel.html
Tidak ada komentar:
Posting Komentar