Selasa, 10 Februari 2015

Fungsi SUM, SUMF, SUMIFS

1.SUM: fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data numeric (angka atau bilangan) yang terdapat pada  beberapa sel atau range. Format: =SUM(number1;number2;…). Artinya jumlahkan isi dari sel A1 hingga sel A3.
Contohnya:






Kemudian tekan Enter. Hasilnya 9000
2.SUMIF: fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan data numeric (angka atau bilangan) pada suatu range sesuai dengan criteria yang telah ditetapkan.

Format: =SUMIF(range;criteria;[sum_range]).
range: kumpulan sel yang akan diuji/dijumlah
criteria: syarat untuk sel yang diuji
sum_range (boleh diisi atau tidak): sel yang akan dijumlahkan 
jika sum_range tidak diisi, artinya range yang akan dijumlahkan.
Contohnya: kita ingin menjumlahkan gaji yang lebih dari 1000000, maka rumusnya:
=sumif(A5:A8;">1000000")
artinya jumlahkan isi dari sel A5 hingga sel A8 yang berisi nilai >1000000. 
3.SUMIFS: fungsi yang digunakan untuk menjumlahkan seluruh nilai yang memiliki banyak criteria.
Fungsi Rumus NOT di Excel Rumus NOT berfungsi mengubah nilai TRUE menjadi FALSE dan FALSE menjadi TRUE. Penulisan Syntaxnya adalah: =NOT ( Logical ) Contoh: A B 1 Rumus Keterangan 2 =NOT(TRUE) Hasilnya FALSE (kebalikan dari TRUE) 3 =NOT(FALSE) Hasilnya TRUE (kebalikan dari FALSE) 4 =NOT(1<2) Hasilnya FALSE (kebalikan dari TRUE) 5 =IF(NOT(1<2);"BENAR";"SALAH") Hasilnya SALAH karena 1<2 bernilai TRUE 6 =IF(NOT(1>2);"BENAR";"SALAH") Hasilnya BENAR karena 1>2 bernilai FALSE


Sumber: http://www.rumusexcel.com/2014/09/fungsi-rumus-and-or-dan-not-di-excel.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar